Stop-motion Versi Pemula

Halo pembaca, kita berjumpa lagi..

Kali ini, aku akan mengepost tentang cara membuat stop-motion versi pemula.

Kenapa aku tiba-tiba mengepost tentang stop motion? apakah para pembaca penasaran? alasannya karena beberapa waktu yang lalu, disekolahku ada tugas tentang procedure text, yaitu sebuah teks yang menjelaskan bagaimana cara melakukan sesuatu. Kelompokku memutuskan untuk membuat stop-motion. Awalnya aku juga mengira stop motion itu sulit untuk dibuat. Padahal, sebenarnya sangat mudah dan singkat cara membuatnya. Hanya dibutuhkan kamera, laptop + aplikasi video maker, dan ide.

Contohnya, aku akan membuat sebuah stop-motion tentang beberapa alat tulis yang bergerak menuju kotak pensil.

Barang yang dibutuhkan: Kamera, laptop, niat dari hati, beberapa alat tulis, kotak pensil, meja

Tahap pembuatan:

1. susun beberapa alat tulis dan kotak pensil diatas meja

2. gerakkan beberapa alat tulis tadi sedikiiiit saja, kemudian jepret menggunakan kamera.

3. gerakkan lagi alat tulis itu sedikiiiit lagi, dan kemudian jepret lagi.

4. lakukan ini berulang-ulang sampai alat-alat tulis masuk kedalam kotak pensil.

5. tutup retsleting kotak pensil sedikit demi sedikit sambil difoto. caranya, tutup sedikit, kemudian jepret, tutup sedikit lagi, kemudian jepret lagi, tutup lagi, jepret lagi. Lakukan ini terus sampai kotak pensilnya tertutup semua.

6. sesi pemotretan selesai.

7. gabungkan seluruh foto yang telah dijepret dengan menggunakan aplikasi video maker (boleh menggunakan photoscape, boleh menggunakan windows video maker atau aplikasi lainnya)

8. anggap saja kita menggunakan windows video maker. masuk ke aplikasi itu dan masukkan seluruh foto tadi.

9. atur kecepatan yang diinginkan (kira-kira 0,25 sekon)

10. Untuk tambahan, kita bisa memasukkan musik sebagai pengiring. kita juga bisa memberikan judul, subtitle, kata-kata keterangan, serta credit.

11. simpan video itu di folder yang kita inginkan.

12. stop-motion selesai ^^ mudah kan?

(N.B jika menggunakan photoscape, video nya nanti akan menjadi .gif, bukan .mp4. kita harus mengubah .gif menjadi .mp4 dengan menggunakan aplikasi extention changer agar dapat mengedit videonya)

Nah, ini lah contoh video stop-motion yang telah aku dan teman-temanku buat.

stop-motion ini dibuat oleh temanku Cynthia Wiranda, Debora, Larosa, dan aku, Yasmine Helga ^^

Stop-motion ini dibuat oleh temanku Cynthia Wiranda, Debora, Larosa, dan aku, Yasmine Helga ^^


Sekian postku hari ini.. jangan lupa comment ya ^^

Sampai jumpa, pembaca setiaku..

About Yaseumin

Aku kurang dari nol yang berarti imaginer. Aku suka menulis dan aku berharap tidak ada language barrier diantara kita.

Leave a Reply

